Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur Ampuh!

Hai sahabat semua, pada artikel ini saya akan berbagi tentang cara ternak lovebird agar cepat bertelur. Seperti yang kita ketahui, ternak lovebird merupakan salah satu hobi yang cukup menjanjikan, pasalnya harga burung cinta ini dipasaran relatif tinggi.

Untuk beberapa tipe lovebird sendiri malahan memiliki harga jual sampai 1 juta, padahal masih berusia 4 bulanan. Nah bagi yang ingin tahu harga-harga dan jenis-jenis lovebird yang memiliki nilai jual tinggi silahkan mampir ke artikel berikut : Jenis-Jenis Lovebird Beserta Harga.

Melihat nilai jualnya yang sangat menjanjikan tersebut, banyak para pecinta burung mencoba untuk melakukan budidaya lovebird ini. Namun kebanyakan orang pada awalnya mengalami kegagalan. Nah pada artikel ini saya akan berbagi kepada sahabat semua berkaitan dengan cara ternak lovebird agar cepat bertelur. Silahkan simak ulasan dari saya berikut ini...

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur


Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur
Sumber Gambar : siabsurd.blogspot.com

Pada artikel sebelumnya, saya pernah membahas mengenai indikator-indikator apa saja yang mempengaruhi keberhasilan dalam melakukan ternak lovebird ini. Nah ada beberapa indikator penting seperti misalnya usia dari lovebird itu sendiri, sangkar dan masih banyak lagi lainnya.

Jadi sebelum sahabat melanjutkan untuk membaca artikel ini, sangat saya sarankan untuk membaca terlebih dahulu artikel dari saya sebelumnya melalui link berikut : Cara Ternak Lovebird Paling Ampuh.

Bagi yang sudah membaca, langsung saja kita mulai artikel ini......

Oke sebelum kita membahas tentang Tips cara ternak lovebird agar cepat bertelur, pertama kita lihat terlebih dahulu faktor apa saja sih yang menyebabkan lovebird betina tidak kunjung bertelur. Berikut ini beberapa penyebabnya.

Penyebab Lovebird Betina Tak Kunjung Bertelur :
  • Umur lovebird baik jantan dan betina belum memasuki usia produktif atau usia dewasa. Seperti yang sudah dibahas pada artikel saya diatas tadi, usia minimal untuk pejantan sekitar 8 bulan sedangkan untuk betina sekitar 1 tahun.
  • Ternyata lovebird yang berpasangan memiliki kelamin yang sama. Hal tersebut sangat dimungkinkan karena lovebird yang berdampingan belum tentu memiliki kelamin yang berbeda. Jika hal tersebut terus dibiarkan mau sampai kapan juga nggak bakal bertelur lah hehehehe.
Nah kedua hal tersebutlah yang umum terjadi, jika sahabat ingin menambahkan penyebab lain bisa langsung komen dibawah nanti.

Oke Lanjutttt.....

Setelah mengetahui penyebab mengapa lovebird betina susah bertelur seperti diatas, solusi sederhananya adalah dengan memerhatikan kembali jenis kelamin masing-masing lovebird dan juga usianya. Itu cara simpelnya.

Tapi terkadang yang ditemui dilapangan jauh lebih rumit lagi. Nah mungkin beberapa tips dari saya ini sedikit banyaknya bisa membantu sahabat semua ya...

Tips Cara Ternak Lovebird agar Cepat Bertelur :

#1. Memasang Kotak Sarang Secara Tepat

Tips pertama adalah dengan meletakkan kotak sarang pada tempat yang tepat. Selain itu, jangan menggunakan kandang dengan ukuran yang terlalu besar atau terlalu kecil, artinya sesuaikan dengan ukuran tubuh lovebird, jangan terlalu sempit dan jangan terlalu luas. Masukkan beberapa serutan kayu bersih ke dalam kotak sarang, dengan ketebalan 2,5 cm. Lovebird biasanya akan mengatur ulang pembuatan sarangnya dengan membuang sebagian serutan kayu yang sudah disediakan tersebut.

#2. Memasang Lampu Full Spektrum

Cara Ternak Lovebird

Tips cara ternak lovebird agar cepat bertelur adalah dengan memasang lampu full spektrum pada kandang. Lampu full spektrum ini sangat bermanfaat sekali bagi burung lovebird itu sendiri, khususnya bagi lovebird yang peletakannya jarang terkena sinar matahari.

Lampu full spektrum ini akan memberi rasa nyaman bagi lovebird betina, sehingga lovebird akan nyaman dalam bertelur dan mendapat ketenangan. Perhatikan juga waktu menyalakan dan mematikan lampu ini, ada baiknya ketika malam hari matikan lampu ini sehingga lovebird bisa beristirahat dengan tenang seperti kehidupan alam liar.

#3. Tempatkan pasangan lain dalam satu ruangan

Cara selanjutnya yang bisa sahabat coba adalah dengan meletakkan pasangan lain yang sudah bertelur dalam satu ruangan dengan lovebird yang belum bertelur tadi. Ingat bukan satu kandang ya, tetapi satu ruangan. Suara dari lovebird yang sudah bertelur tersebut akan memancing lovebird lainnya untuk bertelur.

#4. Mengatur Pola Makan

Pola makan lovebird juga sangat mempengaruhi proses bertelur nantinya. Pilihlah menu makanan yang meningkatkan birah* burung lovebird. Seperti misalnya kangkung, tauge, biji kuaci, tulang sotong atau jagung muda.

Atur pola makan dengan sebaik-baiknya, jangan sampai telat memberi makan. Hal itu karena jika ingin lovebird betina cepat bertelur perlu perlakuan khusus yang harus sahabat berikan.

#5. Berikan Suplemen Tambahan (Opsional)

Cara terakhir ini sifatnya opsional, artinya bisa dilakukan bisa tidak. Jika menurut sahabat cara-cara diatas sudah cukup, maka opsi terakhir ini tidak perlu dilakukan. Namun jika sahabat merasa cara diatas kurang maksimal, bisa menggunakan opsi ini.

Jadi manfaat suplemen ini nantinya akan terlihat, yaitu meningkatnya persentase daya tetas telur dan akan membantu menjaga kesehatan anakan yang baru lahir. Jadi silahkan sahabat pilih sendiri untuk yang cara terakhir ini.

Nah saya rasa itu saja artikel kali ini mengenai cara ternak lovebird agar cepat bertelur yang ampuh, semoga dengan cara-cara diatas bisa membantu sahabat semua. Jangan sungkan untuk share dan komen pada artikel ini. Terima kasih sudah berkunjung.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
October 24, 2016 at 8:25 PM delete

Suhu sy mau tnya violet x mangsi netes nya kira" klwr wrna ap ya

Reply
avatar