Cara Beternak Lovebird Secara Koloni Ampuh!

Hai apa kabar sahabat semua? Pada artikel ini saya akan berbagi artikel tentang cara beternak lovebird secara koloni yang mana menjadi salah satu teknik yang sering digunakan. Beternak burung lovebird memang sekarang ini tengah digandrungi oleh banyak pecinta burung.

Pasalnya harga dari burung lovebird ini dipasaran cenderung tinggi, malahan untuk beberapa jenis harganya bisa sangat tinggi walaupun masih anakkan. Melihat hal tersebut, tak heran bila banyak orang mencoba untuk beternak lovebird.

Nah untuk itu, saya akan berbagi artikel ini kepada sahabat semua supaya sedikit banyaknya bisa tahu tentang bagaimana cara beternak lovebird secara koloni itu dan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan.

Oke langsung saja kita mulai pembahasan kali ini mengenai bagaimana sih cara ternak lovebird secara koloni itu? Berikut ulasannya.

Cara Beternak Lovebird Secara Koloni


Cara Beternak Lovebird Secara Koloni

Sebenarnya ada cara lain untuk ternak lovebird. Cara ini dilakukan jika sahabat mempunyai jumlah indukan lebih dari satu, seperti misalnya 1 jantan dan beberapa betina. Namun, bagi sahabat yang tidak memiliki indukan yang lebih, sahabat bisa mencoba cara ternak lain melalui link berikut :
Cara Ternak Lovebird Bagi Pemula Terampuh

Nah bagi yang memiliki indukan yang lebih, silahkan lanjutkan membaca artikel ini....

Jadi pada artikel ini saya akan membuatnya menjadi sangat jelas dan rinci, jadi saya akan membaginya menjadi beberapa point agar mudah untuk sahabat semua pahami. Nah yang akan saya contohkan disini adalah ternak secara koloni dengan cara menyediakan 1 jantan dan 3 betina.

Sebenarnya bisa saja memakai 4 betina atau 5 betina, tapi paling umum digunakan adalah 3 betina, jadi saya akan memberikan contoh yang 3 betina saja ya....

Tapi sebelum itu, ada beberapa hal yang perlu sahabat ketahui terlebih dahulu. Jadi, burung lovebird ini merupakan jenis burung monogami, artinya burung lovebird ini sangat setia dengan pasangannya. Cieee elah, burung aja setia, masak kamu enggak? hehehehehe.

Jadi jika misalnya kita menaruh 1 jantan dan 3 betina pada satu kandang, maka pejantan hanya akan mengawini 1 betina saja. Nah bingung kan? Tenang, ada caranya kok, caranya yaitu dengan memisahkan setiap burung pada kandang yang berbeda.

# Seleksi Indukan Dengan Sangat Teliti

Cara Beternak Lovebird Secara Koloni Ampuh
Hal pertama yang harus sahabat perhatikan sebelum beternak dengan metode ini adalah dengan melakukan seleksi indukan. Nah untuk mencari tahu seperti apa sih indukan yang baik itu? silahkan simak beberapa point dibawah ini :
  • Umur Lovebird jantan sekitar 8 bulan
  • Umur Lovebird betina sekitar 1 tahun yang sudah mengalami masa birah*
  • Usahakan memilih betina yang memiliki suara bagus jika orientasinya ingin menghasilkan anakan yang bersuara bagus juga.
  • Jika ingin mendapatkan anakan yang berwarna eksotis, kawinkan lovebird jantan dengan betina yang memiliki warna berbeda-beda agar hasilnya bervariasi nantinya.

# Tempatkan Setiap Lovebird pada Kandang yang Berbeda

Jadi kita kan akan beternak lovebird secara koloni, yaitu dengan 1 jantan dan 3 betina, jadi kita harus menyiapkan 4 kandang untuk masing-masing burung lovebird itu. Fungsi kandang ini sangat penting, pasalnya media ini digunakan sebagai tempat kawin, menetas dan mengerami telur nantinya.

Untuk perlengkapan yang ada pada setia kandang seperti biasa, yaitu ada tempat makan dan minum, pangkringan, glodok dan lainnya.

Untuk kandang lovebird betina, berilah bahan dasar sarang seperti misalnya daun-daun kering, ranting dan bahan kering lainnya yang biasanya digunakan lovebird untuk membuat sarang. Perlu diperhatikan, jangan menggunakan bahan yang basah atau bahan tekstil seperti plastik misalnya, karena hal tersebut akan mengganggu proses baik itu ketika bertelur ataupun mengerami.

Makanan utama yang diberi merupakan campuran millet putih, gabah dan canary seed. Untuk makanan tambahannya bisa menggunakan extra fooding (EF) jagung muda, daun sawi putih, biji bunga matahari dan tulang sotong.

# Tahap Pergiliran Perkawinan

Tahap selanjutnya adalah tahap pergiliran perkawinan, tahap ini bisa dibilang sebagai tahap inti pada proses cara beternak lovebird secara koloni ini. Jadi sahabat bisa mengikuti point-point dibawah ini :
  • Setiap pagi hari, mulai jam 06.00 sampai 07.00 lovebird jantan dimasukkan kedalam kandang lovebird betina nomor 1.
  • Setelah satu jam, pindahkan lovebird jantan pada kandang semula.
  • Besoknya, pada jam yang sama pindahkan lagi lovebird jantan pada kandang lovebird betina, durasinya sama yaitu sekitar 1 jam. Setelah satu jam pindahkan kembali lovebird jantan pada tempat sebelumnya.
  • Lakukan hal tersebut selama 4 hari berturut-turut. Setelah selesai 4 hari pada lovebird pertama, selanjutnya lakukan hal yang sama pada lovebird 2 dan 3.
  • Lovebird betina akan bertelur beberapa hari atau minggu setelah proses perkawinan tadi. Kalau sebagian besar telur menetas, maka bisa dikatakan metode poligami berhasil dilakukan, tapi sebaliknya jika tidak ada satupun yang mentas, maka ada kemungkinan induk jantan tidak mengawini betina atau induk jantannya yang interfil.
Nah bagi yang lovebirdnya tidak kunjung bertelur, mungkin artikel ini bisa membantu sahabat : Cara Ternak Lovebird agar cepat bertelur Terampuh.

# Telur dan Pengeraman

Setelah lovebird kawin, maka selanjutnya lovebird tersebut akan bertelur. Nah biasanya ketika bertelur dialam liar lovebird akan mencari ranting-ranting kecil daun-daun kering untuk dijadikan sarang.

Agar membuat kondisinya seperti dialam bebas, silahkan sebar daun-daun kering, ranting-ranting kering dan bahan kering lainnya disekitar sangkar. Ingat, jangan gunakan bahan-bahan basah karena jika dijadikan sarang nantinya akan menimbulkan masalah baru.

Selain itu, jangan gunakan bahan-bahan berbahaya seperti karet, plastik dan lainnya karena bahaya jika termakan nantinya. Pada saat pengeraman, induk akan sesekali keluar dari glodok untuk sekedar mandi, merentangkan sayap dan lainnya.

# Penetasan

Proses penetasan akan berlangsung setelah dierami selama 21-23 hari. Usahakan sahabat jangan ikut campur dalam proses penetasan ini karena nantinya malah akan menghambatnya. Mungkin jika lovebird itu pertama kali bertelur mungkin tidak semua akan menetas. Biasanya pada proses bertelur yang kedua lovebird tersebut akan benar-benar produktif.

Namun jika kemandulan terjadi terus menerus, sahabat perlu mencurigai. Cobalah dengan mengambil salah satu telur dan lihat perkembangan embrionya. Jika terjadi perkembangan, mungkin terjadi kesalahan dalam pengeraman.

Nah itu dia cara beternak lovebird secara koloni yang mungkin bisa bermanfaat untuk sahabat. Sebelum itu, ada beberapa keuntungan jika ternak dengan cara koloni ini berhasil, misalnya sahabat akan memperoleh banyak lovebird dalam waktu relatif singkat, memiliki jenis yang lebih beragam, dan memiliki bibit-bibit yang mungkin beberapa memiliki kualitas yang sangat baik.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »