Kandang Ternak Lovebird yang Baik Beserta Gambar

Pada artikel ini saya akan berbagi kepada sahabat kicau semua mengenai kandang ternak lovebird yang baik beserta gambarnya. Nah untuk melakukan ternak burung lovebird tentunya kita harus memiliki kandang terlebih dahulu dong.

Burung Lovebird ini memang menjadi salah satu burung yang tengah naik daun di Indonesia. Sebenarnya sih sudah sejak beberapa tahun yang lalu. Burung ini banyak disukai karena keindahan bulunya, warna-warnanya, dan kicauannya. Sering kali kita jumpai berbagai perlombaan burung kenari baik tingkat desa hingga tingkat nasional.

Nah karena memiliki keindahan dan kecantikan tersebut, masak kita rumah yang seadanya, kan jadinya nggak enak dipandang ya. Untuk itu kita harus membuat burung dan kandangnya sama-sama cantik ya. Selain itu, jika tujuan kita memelihara lovebird adalah untuk diternakkan, maka sahabat perlu tuh memerhatikan kandangnya. Karena kandang menjadi salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dalam ternak nantinya. Seperti yang sudah pernah saya bahas pada artikel saya sebelumnya yaitu tentang Cara Beternak Lovebird Secara Koloni.

Nah simak ulasan dari saya dibawah ini....

Kandang Ternak Lovebird yang Baik


#1. Kandang Umbaran

Kandang Ternak Lovebird

Kandang ternak burung lovebird yang pertama adalah kandang umbaran. Kandang ini memiliki ukuran yang cukup besar, artinya bisa digunakan untuk banyak lovebird sekaligus. Kandang ini digunakan untuk melakukan seleksi indukan yang ingin diternakkan.

Jadi nantinya akan dimasukkan banyak burung indukan baik jantan dan betina, nah setelah itu jika ada 2 lovebird yang berpasangan, maka selanjutnya sahabat bisa memindahkan ke kandang khusus yang namanya kandang penjodohan. Untuk kandang penjodohan akan saya bahas setelah ini.

Dengan kandang umbaran ini kita akan dipermudah dalam memilih indukan mana saja yang kemungkinan bisa dijodohkan, jadi kita tidak perlu menyeleksi satu-satu. Cara ini mempermudah dan juga sangat efisien waktu.

#2. Kandang Penjodohan

Nah setelah pada kandang umbaran tadi ditemukan lovebird yang berpasangan, maka selanjutnya yang bisa sahabat lakukan adalah memindahkannya ke kandang penjodohan. Tujuannya untuk mempermudah sahabat memantau dan juga lovebird akan lebih leluasa dalam proses kawin nantinya.

Kandang Ternak Lovebird yang Baik


Untuk kandang ini ukurannya tidak terlalu besar, yang penting burung lovebird yang ada didalamnya tidak terganggu ketika bergerak atau terbang-terbang kecil. Nah yang perlu diperhatikan, didalam kandang penjodohan ini sebelumnya harus disiapkan tempat untuk lovebird itu bertelur dan mengerami telur nantinya yang dikenal dengan istilah glodok.

Kandang Ternak Lovebird Beserta Gambar

Ada berbagai bentuk glodok untuk burung lovebird ini, terserah sahabat mau memilih bentuk yang mana, tetapi yang perlu diperhatikan, usahakan glodok ini ukurannya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Dan juga didalamnya berilah ranting-ranting kering, daun-daun kering, dan bahan alami kering lainnya.

Bagi sahabat yang lovebirdnya tidak kunjung bertelur setelah dijodohkan, maka sahabat wajib membaca artikel ini : Tips ternak lovebird agar cepat bertelur

Nah setelah lovebird betina bertelur, maka selanjutnya ia akan mengerami telurnya tersebut. Pada masa ini usahakan sahabat jangan mengganggunya ya, soalnya jika diganggu lovebird nantinya akan stres dan telurnya tidak akan berkembang.

Nah saya rasa itu saja artikel kali ini mengenai kandang ternak lovebird yang baik dan benar, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk kunjungi juga artikel berkaitan dengan ternak lovebird lainnya hanya pada blog ini. Terima kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »