Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina 99% Akurat ?

Hai semua, pada artikel ini saya akan berbagi mengenai perbedaan lovebird jantan dan betina yang memang menjadi permasalahan utama bagi para peternak lovebird khususnya yang masih pemula. Mungkin artikel ini kedepannya akan menimbulkan kontroversi ya soalnya saya menambahkan pada judul 99% akurat, tapi saya juga menambahkan tanda tanya (?) yang artinya saya sendiri tidak tahu apakah ini akurat, karena memang untuk menentukan sebuah lovebird itu jantan atau betina tidak hanya dengan metode-metode biasa saja, melainkan harus melibatkan ilmu pengetahuan yaitu dengan pengujian di laboratorium.

Nah untuk itu sebelum saya melanjutkan menulis inti artikel perbedaan lovebird jantan dan betina ini, saya meminta maaf terlebih dahulu ya kalau misal hasilnya tidak akurat. Sekali lagi, tidak ada paksaan untuk sahabat mengikuti apa yang saya tulis pada artikel-artikel saya.

Oke lanjut, jadi seperti yang saya kataka diatas, untuk mengetahui suatu lovebird memiliki jenis kelamin jantan atau betina itu tidaklah mudah. Butuh pengalaman yang banyak, terkadang orang yang sudah berpengalaman saja susah untuk membedakannya. Temukan tips cara beternak Lovebird lainnya.

Untuk itu, saya menulis artikel ini untuk membantu sahabat semua khususnya yang masih awam soal lovebird ini. Bagi yang sudah jago dan kebetulan sedang membaca artikel ini, saya sangat mengharapkan koreksi dari kalian karena saya juga masih pemula. Oke simak berikut ini ciri-ciri lovebird jantan dan betina...

Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina


Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina

Nah membedakan lovebird jantan dan betina merupakan sebuah hal yang susah-susah gampang ya, itu karena lovebird kan memiliki jenis-jenis yang beragam, nah terkadang ada beberapa jenis lovebird yang mudah untuk dibedakan, tetapi untuk jenis lainnya malah sangat susah.

Lebih lengkp tentang : Jenis-Jenis Lovebird beserta Gambar

Membedakan lovebird ketika usia masih anakan (sekitar 2 bulanan) bukanlah perkara yang mudah. Bentuk fisik yang masih sangat muda membuatnya sangat sulit untuk dibedakan.

Berdasarkan penampilan tubuh luarnya, ada 3 kelompok lovebird berdasarkan tingkat kesulitan dalam mengidentifikasi mana yang jantan dan mana yang betina. Berikut ini ke-3nya :
  • Kelompok Lovebird Dimorfik - Untuk lovebird kelompok ini sangat mudah untuk diidentifikasi jenis kelaminnya.
    Contohnya : lovebird abisinia (Agapornis taranta), lovebird madagaskar (Agapornis cana) dan lovebird muka merah (Agapornis pullaria).
  • Kelompok Lovebird Intermediate - Untuk jenis ini jenis kelaminnya agak sulit untuk dibedakan.
    Contohnya : lovebird black collared (Agapornis swinderniana).
  • Kelompok Lovebird Kacamata - Untuk lovebird jenis ini perbedaan jenis kelaminnya tidak konsisten, jadi sangat susah untuk menentukan mana yang jantan dan mana yang betina jika dilihat dari segi penampilan fisik.
    Contohnya : lovebird nyasa (Agapornis lilianae), lovebird pipi hitam (Agapornis nigrigenis), lovebird topeng (Agapornis personata) dan lovebird fischer (Agapornis ficheri).
Nah itu dia ke-3 kelompok lovebird berdasarkan penampilan tubuhnya dari yang mudah sampai yang sulit. Jika jenis lovebird sahabat termasuk dalam jenis lovebird kacamata, maka sahabat perlu terus membaca artikel ini...

Bagi sahabat yang memiliki jenis lovebird kelompok kacamata akan sangat sulit untuk membedakan baik jantan dan betina secara langsung atau melalui penampilan fisik secara umum. Sahabat perlu memperhatikan detail demi detail yang ada pada lovebird tersebut. Nah berikut ini ciri-ciri perbedaan lovebird jantan dan betina.

Ciri Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina
# Ciri Relatif Burung Lovebird Jantan (Perlu Perbandingan)
  1. secara umum, ukuran kepala lebih kecil dan bentuknya bulat rata pada bagian atasnya, atau orang jawa menyebutknya papak. 
  2. Ukuran paruhnya lebih kecil dan relatif kering. 
  3. Ukuran tubuhnya relatif kecil.
  4. Bentuk ekornya menyerupai huruf "V".
  5. Kakinya lebih rapat ketika bertengger.
  6. Tubuhnya terkesan tidak berisi/enteng/ramping kalau sahabat pegang.
  7. Ngekek-nya lebih pendek.
  8. Tingkah lakunya cenderung lebih aktif dan agresif.
  9. Supit urang lebih rapat, lebih keras dan letaknya lebih dekat ke pangkal ekor atau wong jowo menyebutnya brutu.
  10. Waktu birahi berperilaku seperti mau meloloh (mengangguk-anggukkan kepala seperti mau mengeluarkan makanan melalui paruh).
Nah itu tadi untuk ciri burung lovebird jantan, selanjutnya kita bandingkan dengan ciri lovebird betina dibawah ini :

# Ciri Relatif Burung Lovebird Betina (Perlu Perbandingan)
  1. secara umum, ukuran kepala lebih besar dan bentuknya menonjol atau menjorok ke atas.
  2. Ukuran paruhnya lebih besar dan relatif basah.
  3. Ukuran tubuhnya relatif lebih besar.
  4. Bentuk ekornya menyerupai huruf "U".
  5. Kakinya lebih melebar ketika bertengger.
  6. Tubuhnya terkesan berisi/berbobot/bulat kalau sahabat pegang.
  7. Ngekek-nya lebih panjang.
  8. Tingkah lakunya cenderung lebih tenang dan malas-malasan.
  9. Supit urang lebih rapat, lebih lebar dan letaknya lebih dekat ke tulang dada bagian bawah.
  10. Waktu birahi berperilaku membuka-buka sayap “nggaruda”.
Sudah Tahu Mana Jantan dan Betina? Kenapa tak coba untuk diternak? Ikuti panduan ini Cara Ternak Lovebird untuk Pemula

Nah itu dia artikel dari saya kali ini mengenai perbedaan lovebird jantan dan betina. Walaupun tidak sepenuhnya akurat, tapi kemungkinan besar ciri-ciri diatas itu sudah dapat digunakan sebagai acuan untuk menentukan mana yang jantan dan betina. Untuk mau hasil yang 99% bahkan 1000% akurat, sahabat bisa dengan melakukan tes DNA yang pasti biayanya tidak murah kan? untuk itu coba terlebih dahulu cara diatas, siapa tahu berhasil. Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat ya sahabat.

Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina 99% Akurat ?