Cara Mengatasi Lovebird Cabut Bulu

Hai semua kembali lagi nih di BurungLovebird.net, nah kali ini saya bakalan berbagi artikel mengenai cara mengatasi lovebird cabut bulu yang mana menjadi salah satu problem yang sering ditemui oleh para kicau mania.

Oh ya, burung lovebird ini merupakan salah satu burung yang memiliki warna tubuh dan juga suara yang bagus. Banyak sekali jenis burung lovebird yang ada didunia ini. Jumlahnya sendiri sudah tidak terhitung ya, semua itu terjadi karena adanya perkawinan silang antar jenis lovebird yang akan menghasilkan lovebird dengan warna bulu baru tentunya.

Namun apabila bulu yang cantik itu dirusakan oleh burung itu sendiri, apa yang sobat rasakan? tentunya sobat akan sedih, kesal, jengkel. baper mungkin dan sebagainya hehehehe. Memang rasanya melihat bulu yang cantik terus tiba-tiba di rusak sendiri oleh si Lovebird itu memang sakit ya sob. Untuk itu, kali ini saya akan berbagi untuk sobat semua cara mengatasi lovebird cabut bulu agar lovebird sobat tidak semakin parah atau malah tidak akan melakukan hal tersebut. So check This Out !

Cara Mengatasi Lovebird Cabut Bulu


Cara Mengatasi Lovebird Cabut Bulu

Sebelum kita ke tahap penyelesaiannya, kita harus tahu terlebih dahulu apa sih yang menyebabkan si Lovebird sering mencabut bulunya? Nah hal itu terjadi karena lovebird sedang mengalami Over Birahi atau OB yang mana menjadi salah satu masalah komplek dari lovebird ini.

Ya jika lovebird sedang mengalami OB, maka lovebird akan melakukan hal-hal yang tidak lazim dilakukan sebelumnya. Untuk lebih jelas tentang lovebird OB, silahkan sobat klik tulisan berikut ini : Ciri-Ciri Lovebird Over Birahi dan Cara Mengatasi Birahi Pada Lovebird.

Saya harap kedua artikel tersebut akan menjawab semua pertanyaan sobat mengenai OB pada lovebird ini. Oke kita lanjut lagi sob.

Jadi cara simpel untuk mengatasi lovebird yang sedang OB adalah dengan menjodohkannya dengan lovebird lain, tentunya berbeda jenis kelamin ya. Nah untuk lebih jelas tentang bagaimana cara menjodohkan lovebird silahkan sobat klik tulisan hitam disamping tadi.

Namun, jika sobat hanya memiliki satu lovebird atau tidak memiliki jodoh yang pas, sobat bisa mencoba cara lain untuk mencegah lovebird mencabuti bulu-bulunya. Berikut cara-caranya :

#1. Kawinkan dengan Lovebird Lain

Seperti yang saya katakan diatas tadi, lovebird yang sedang OB itu tandanya ia sedang ingin kawin, maka dari itu jika sobat memiliki jodoh untuk lovebird yang OB tersebut sobat bisa meletakkannya dalam satu sangkar.

Selain itu, lovebird yang sedang OB juga bermanfaat sob, jadi lebih siap untuk melakukan produksi jika lovebird sobat khusus untuk ternak.

#2. Tingkatkan Intensitas Mandi

Cara selanjutnya adalah dengan meningkatkan intensitas mandi lovebird sobat. Jika biasanya lovebird sobat mandi sehari 2X, maka bisa ditambah menjadi 3X. Dan lamanya pemandian juga ditambah misalnya kalau biasanya hanya 20 menit bisa ditambah sampai 30 menit. Tapi sobat juga harus melihat kondisi lovebird sobat sendiri, apakah dalam kondisi sehat atau tidak.

#3. Kurangi Intensitas Penjemuran

Kalau tadi intensitas mandi harus ditingkatkan, maka untuk penjemuran harus dikurangi. Hal itu karena sinar matahari pagi menganding banyak zat yang mampu merangsang hormon yang ada pada tubuh lovebird yang malah nantinya jika dibiarkan lovebird akan semakin OB.

Untuk itu perlu dikurangi penjemuran. Tapi jangan menghilangkan penjemuran pada pagi hari, soalnya sinar matahari pagi sangat diperlukan oleh lovebird itu sendiri.

#4. Kurangi Kangkung dan Jagung Muda

Untuk mencegah lovebird agar tidak mencabuti bulunya terus adalah dengan mengurangi pemberian kangkung dan jagung muda. Hal itu karena kedua makanan tersebut mengandung zat yang akan merangsang lovebird.

Pemberian kangkung dan jagung muda sangat baik jika sobat ingin melakukan ternak, sehingga nantinya lovebird akan lebih produktif.

Nah saya rasa itu saja cara mengatasi lovebird cabut bulu, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk like dan share artikel ini ya sob. Terima kasih sudah berkunjung.

Cara Mengatasi Lovebird Cabut Bulu