Cara Menjodohkan Lovebird Untuk Pemula Ampuh

Hai semua, pada artikel ini saya ingin berbagi kepada sobat semua bagaimana sih cara menjodohkan lovebird untuk pemula yang ampuh itu? nah bagi sobat yang memiliki sepasang lovebird dan ingin menjodohkannya, tentunya sobat harus memastikan terlebih dahulu dong kalau lovebird sobat itu berjenis kelamin jantan dan betina.

Untuk bisa membedakannya, sobat bisa membaca artikel ini Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina. Jika sudah, selanjutnya sobat harus memastikan apakah lovebird sobat itu sudah siap untuk dikawinkan nantinya, dalam hal ini apakah umurnya sudah cukup matang. Untuk lovebird yang sudah siap kawin sendiri biasanya berusia 8 bulan, tetapi tidak menutup kemungkinan kurang dari 8 bulan juga sudah siap kawin. Jadi sobat harus bermain feeling dalam hal ini.

Nah nanti yang akan saya bagikan kepada sobat mengenai cara menjodohkan dan mengawinkan lovebird ini saya bagi menjadi 2 metode, yang tentunya sangat mudah untuk sobat lakukan dirumah. Jika sobat sudah siap, langsung saja simak artikel ini....

Cara Menjodohkan Lovebird


Cara Menjodohkan Lovebird

Hal pertama yang perlu sobat ketahui sebelum melakukan penjodohan adalah sebagai berikut :

  • Pastikan keduanya jantan dan betina
  • Umur keduanya sudah sama-sama matang
  • Pahami musim kawin
Untuk point ke-3 akan saya jelaskan lebih detail lagi. Jadi sebelum mengawinkan sobat harus tahu terlebih dahulu musim kawin untuk jenis lovebird yang sobat miliki. Umumnya musim kawin terjadi pada bulan-bulan Februari hingga April dan Oktober. Namun untuk jenis-jenis lainnya terjadi pada bulan Januari sampai Juli,

Oh ya, jika sobat merasa hal itu cukup ribet, sobat bisa kok mengabaikannya, soalnya itu hanya pelengkap saja, jadi tidak perlu untuk sobat jadikan patokan.

Selanjutnya kita akan membahas tentang 2 metode ampuh untuk menjodohkan lovebird. Ya berikut ini 2 metode tersebut :

#1. Metode Penjodohan Koloni

Metode ini bisa dilakukan untuk sobat yang memiliki lovebird lebih dari 2 ekor atau dalam jumlah banyak. Nah yang perlu sobat lakukan adalah sebagai berikut :
  1. Siapkan kandang besar untuk tempat lovebird-lovebird tadi tinggal.
  2. Masukkan lovebird-lovebird yang ingin sobat jodohkan, ingat usahakan yang sudah siap untuk kawin ya. Tambahan, usahakan untuk memasukkan lovebird dengan jenis kelamin yang seimbang, atau bisa juga lebih banyak betinanya. Namun jika sobat masih kesulitan untuk membedakan mana jantan dan betina, sobat langsung saja masukkan lovebird yang sobat punya.
  3. Sobat tinggal tunggu dan amati, kira-kira lovebird mana yang sering berjejeran atau sering bersama. Setelah itu pisahkan dalam satu kandang tersendiri.
Metode ini sangat cocok untuk sobat yang kesulitan dalam membedakan antara jantan dan betina, karena nantinya sobat hanya tinggal mengamati lovebird yang sering berduaan, maka kemungkinan besar lovebird tersebut berjodoh. Tetapi, terkadang juga ada lovebird yang memiliki jenis kelamin sama berdiri berdampingan, maka dari itu, pengetahuan dalam membedakan jantan dan betina sangat diperlukan.

#2. Metode Penjodohan Sepasang

Nah kalau metode tadi diperuntukkan untuk sobat yang memiliki jumlah indukan banyak, kalau metode ini untuk sobat yang hanya memiliki lovebird sepasang. Berikut cara penjodohannya :
  1. Siapkan 2 sangkar dengan masing-masing lovebird didalamnya.
  2. Dekatkan kedua sangkar selama beberapa hari, dan amati apakah keduanya saling berdekatan.
  3. Jika iya, selanjutnya sobat tinggal memasukkan atau menyatukannya kedalam satu kandang, kemudian amati lagi.
  4. Jika keduanya tidak saling serang, maka kemungkinan besar itu jodoh, namun jika bertengkar secepatnya untuk dipindahkan karena kemungkinan tidak berjodoh.
Itu dia metode-metode untuk menjodohkan lovebird. Sekarang tinggal sobat tunggu apakah lovebird yang sudah sobat jodohkan itu kawin. Kalau tidak kunjung kawin, maka kemungkinan keduanya atau salah satunya belum masuk masa birahi, jadi tinggal sobat tunggu saja. Oh ya jika sobat penasaran dengan lovebird yang sedang OB, silahkan sobat baca artikel ini Ciri-Ciri Lovebird Over Birahi.

Sekian artikel dari saya, mohon maaf jika ada kekurangan dan jangan lupa untuk like dan share artikel ini ya. Jika sobat sedang mencari tips atau info seputar lovebird, kunjungi saja BurungLovebird.net, tersedia banyak artikel untuk sobat baca.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »