Cara Menurunkan Birahi Lovebird Terampuh

Hai semua, kali ini saya ingin berbagi artikel tetang bagaimana sih cara menuruntkan birahi lovebird dengan cepat. Nah over birahi memang menjadi masalah tersendiri bagi semua jenis lovebird. Sebelumnya saya juga pernah membahas mengenai lovebird over birahi, namun akan saya sajikan pada tengah artikel ini nantinya supaya sobat bisa memahaminya dari awal.

Nah saya akan memberikan penjelasan secara singkat dan jelas mengenai permasalahan lovebird over birahi ini. Jadi over birahi adalah kondisi dimana lovebird tersebut memiliki libido yang sangat meningkat dan tentunya akan sangat bermanfaat jika memang burung lovebird tersebut dipersiapkan untuk perkawinan, namun hal tersebut justru akan sangat berdampak buruk jika lovebird sobat merupakan lovebird kontes atau lovebird untuk lomba.

Jadi intinya, kalau lovebird mengalami over birahi pada saat masa kawin itu sangat bermanfaat, namun ketika ingin lomba ini sangat berdampak buruk. Oh ya jika sobat tidak tahu apakah lovebird sobat sedang OB atau tidak, sobat bisa mampir ke artikel saya ini Ciri-Ciri Lovebird Birahi yang sudah saya buat sebelumnya.

Oke setelah sobat mengetahui kalau lovebird sobat sedang over birahi, selanjutnya sobat harus mengikuri instruksi yang ada pada artikel cara menurunkan birahi lovebird ini untuk mengatasi hal tersebut.

Cara Menurunkan Birahi Lovebird


Cara Menurunkan Birahi Lovebird

Untuk menurunkan birahi pada lovebird, ada beberapa hal yang perlu sobat lakukan, berikut ini...

#1. Tingkatkan Frekuensi Mandi

Jika lovebird sobat sudah positif OB, maka yang perlu sobat lakukan adalah meningkatkan frekusensi mandi. Jadi misalnya lovebird sobat sehari mandi 1 kali, maka bisa ditambah menjadi 2 atau 3 kali. Selain itu, durasi untuk memandikan juga bisa ditingkatkan misalnya biasanya selama 15 menit, maka tingkatkan menjadi 20 atau 25 menit. Sobat bisa memandikan lovebird pada pagi hari sebelum mata hari terbit, saat sore hari atau bahkan malam hari sekitar pukul 22.00-24.00.

Yang perlu diperhatikan dalam memandikan lovebird OB adalah jangan berlebihan dalam memandikan, untuk hal ini feeling atau perasaan sobat harus bisa bekerja untuk mengetahui waktu mana yang pas untuk lovebird sobat.

#2. Penjemuran dan Pengembunan yang Teratur

Untuk pengembunan sendiri bisa sobat lakukan ketika waktu fajar atau setelah waktu subuh. Pada waktu itu, udara masih sangat alami dan belum terlalu bercampur dengan polusi, jadi sangat baik untuk pernafasan lovebird kesayangan. Pada waktu itu juga lovebird akan lebih rajin berkicau dengan suara yang keras.

Sedangkan untuk penjemuran, sobat bisa melakukannya ketika matahari terbit sampai sekitar pukul 09.00. Jangan melakukan penjemuran diatas jam tersebut karena sinar matahari akan mengandung banyak ultraviolet yang nantinya akan merusak bulu lovebird kesayangan sobat. Untuk 2 hal ini sangat baik untuk dilakukan selama 2 bulan dengan konsisten walaupun lovebird sobat sudah tidak lagi OB.

#3. Stop Pemberian Pakan ini

Nah jika lovebird sobat sedang OB, maka sobat wajib menghentikan pemberian pakan berupa kangkung, kwaci dan jagung muda. Pasalnya ketiga makanan tersebut adalah pemicu meningkatnya birahi pada lovebird. Nah sebagai gantinya, sobat bisa memberikan multivitamin Ebod Vit dengan takaran 3 tetes untuk 1 cepuk air minum. Untuk air minumnya sendiri usahakan untuk tidak terkena sinar matahari secara langsung dan ganti air minum tersebut setiap hari untuk menjaga agar kualitas airnya tetap baik.

#4. Masukkan Lovebird ke Kandang Umbaran

Nah tips terakhir adalah dengan memasukkan lovebird ke kandang polier atau umbaran. Nah dengan cara ini, lovebird nantinya akan lebih leluasa bergerak sehingga lovebird tersebut merasa lebih bebeas. Tapi perlu diperhatikan juga kalau misalnya lovebird yang OB malah menyerang lovebird lain yang ada di dalam kandang.

Nah itu dia tips cara menurunkan birahi lovebird, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk mengunjungi artikel saya yang lainnya ya. Terima kasih....

Cara Menurunkan Birahi Lovebird Terampuh